12 Juni 2010

Puisi-Puisi Teguh Trianton

Share

Surat dari hujan


hujan melompat

mendesah di daun telingaku

kiranya memibisakan kabar

tentang rindu


tapi

yang terucap malah kilat

“tahukah? kau telah diduakan”


tak sempat aku berucap

tubuhku telah basah


Purwokerto, 2009



Surat tengah hari


aku seperti kehilanganmu

sesaat sebelum aku benar-benar mengenalimu

di antara tumpukan buku, dan kalender layu


aku seperti menemukan wangi tubuhmu

yang tertinggal di tumpukan baju

yang menyihirku

segera membasuh lamunanku


Purwokerto, 2009


Surat dari hulu


banjir,

sungai-sungai kering itu

tak pernah berhenti

mengalirkan batu-batu ranggas

yang bermuara di dadaku


Purwokerto, 2009


Surat perseteruan


garam

apakah kau alpa membawa garam

sehingga perseteruan

hanya menyisakan bukit-bukit hambar

di dada


Purwokerto, 2009


Dari segelas kopi


membacamu,

aku menemukan endapan

senyawa kafein

yang membuatku memuja kantuk


pada gelasmu

kopi tak benar-benar penuh

tapi jua tak pernah setengah-setengah

kecuali mata telagamu

yang kerap memandikan takdirku


kau masih terus mengisinya,

sendiri, hingga penuh terisi

menungguku menikmatimu

atau menumpahkannya

tandas di dada


Purwokerto – Solo, 09 September 2009


Perjamuan


dua kursi kosong bersemuka

bersitatap tanpa meja

apalagi bunga


di depan pintu

mukaku merah batu

malu-malu kupesan segelas waktu


lalu kau bertanya;

“benarkah ini untukku?”


bukan, ini bukan untukmu

tapi untuk kau dan aku


Purwokerto, Juli 2009


Pagi usai gerimis


selamat pagi,

sehelai embun jatuh

dari runcing daun bambu

yang tumbuh di ujung alismu


lalu pecah, meniru lamunanku

tentang gerimis yang riwis

bercampur amis bertumpuk

diantara ribuan tubuh

dan rumah gadang yang runtuh


pagi usai gerimis

aku tak begitu yakin

apakah aku benar-benar ikut sedih

tetapi pagi memang riwis

dan ranah minang jadi amis


pagi usai gerimis

aku kita tunaikan jamaah tangis


Purwokerto, 2009

| More

0 Comments:

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.