07 Agustus 2008

Sastrawan Muda Banyumas

Share


ARIF HIDAYAT lahir di Purbalingga, 7 Januari 1988. Gemar menulis puisi, cerpen dan esai. Publikasi karya; Cerpen dan puisinya pernah di muat di Koran Rakyat, Wawasan, Minggu Pagi. Kini sedang mendeskrip antologi Puisi Menuju Janur Kuning. Arif kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Bahasa Sastra, Indonesia dan Daerah. Ia aktif dalam komunitas seni teater PERISAI di Purwokerto. Pernah dikirim lomba cipta puisi sebagai perwakilan untuk Selekda di Semarang oleh Universitas. Alamatnya di Desa Banjarsari RT 04, RW 07 Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah kode Pos 53353.


HERU KURNIAWAN lahir di Desa Pamengger – Brebes (Jawa Tengah), 22 Maret 1981. Lulus Sarjana (S1) Jurusan Pendidikan Sastra Indonesia tahun 2004 dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan kini tengah melanjutkan studi Pascasarjana di UGM Yogyakarta Jurusan Ilmu Sastra Indonesia. Kini bekerja sebagai Dosen Tetap di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto. Karya-karyanya yang berupa puisi, cerpen, dan esai sastra dipublikasikan di Republika, Suara Pembaruan, Sinar Harapan, Seputar Indonesia, Pikiran Rakyat, Kedaulatan Rakyat, Wawasan, Minggu Pagi, Cybersastra, Radar Banyumas, Koran Rakyat, Majalah Sabili, Annida, Cempaka, Nova, dll. Puisi dan Cerpennya terantologikan dalam “JIWA-JIWA MAWAR” (kumpulan puisi; 2003), “UNTUK SEBUAH KASIHSAYANG” (kumpulan puisi, 2004), “BACALAH CINTA” (kumpulan cerpen; 2005), dan “JOGA 5,9 SKALA RICHTER” (kumpulan puisi gempa, 2006). Kegiatan bersastranya aktif menjadi kontributor di PUSAT KAJIAN BUDAYA “PUKAU RUMAH CAHAYA” dan “LORONG BUDAYA” di Purwokerto, bersama dengan sastrawan-sastrawan di Banyumas-Purwokerto.


M. Ayat Kh (Muhamad Ayatullah Khomaeni), alamat Kebarongan Rt 01/07 Kemranjen, Banyumas, Jawa tengah 53194. Karya-karyanya tersebar di berbagai surat kabar seperti; Radar Banyumas dan Koran Rakyat. Juga termuat dalam antologi bersama Kudi (Kumpulan komik Indie, 2002), Jejak Tapak Langkah(HTKP, 2005), Kumpulan Cepen Banyumas dalam Tanda Kutip (HTKP, 2005), Kumpulan Puisi CPNS (HTKP 2006) dan Bangka Kumpulan naskah drama (HTKP, 2006) aktif berkesenian di Teater Lima Purwokerto-Kroya dan komunitas sastra Hujan tak Kunjung Padam’.



Restu Kurniawan, lahir di Bogor, Oktober 1982. Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Publikasi karya; puisi, cerpen, esai, dan artikel sastra dimuat di Harian Umum Radar Banyumas, Harian Umum Koran Rakyat, Kedaulatan Rakyat, Minggu Pagi, Suara Merdeka, Wawasan, dll. Restu aktif bersastra dan mengajar di ‘Teater Perisai’ UMP, menyutradarai pementasan teater dan menulis skenario.



Sigit Emwe, lahir di Purbalingga, sajak-sajaknya telah terpublikasikan di media cetak antara lain; Majalah Remaja TREN, GAUL, Suara Pembaruan, Koran Wawasan, Suara Merdeka, Solo Pos, Minggu Pagi, Bernas Jogja, Radar Mas, dll. Aktifitas yang dilakukan adalah diskusi sastra di komunitas “LENTERA BILIK KREASI PURBALINGGA” yang didirikannya bersama rekan-rekan seniman Banyumas. Alamat rumah Jl. Raya Pekalongan Rt 01 Rw. 06, Bojongsari Purbalingga. Selain menulis puisi ia juga pemerhati sastra Banyumas. Mengajar di SMP Negeri 2 Kejobong. Antologi yang telah terbit adalah buku kajian teori “Aplikasi Semiotika dan Hermenuitika”, antologi cerpen “Robingah’ Cintailah Aku” dan Antologi puisi “Untuk Sebuah Kasihsayang”. Harapan yang diinginkannya adalah menumbuhkembangkan komunitas sastra di Purbalingga.


Yosi Muhaemin Giri, atau Yosi M Giri, lahir di Pemalang 4 Desember 1986. Kuliah di FKIP Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Alamat asal Jl. Mereng Kubang No.141 Rt.32/08 Warungpring Pemalang Jawa Tengah 52354. Yosi Pernah menjadi Finalis Venus Top Model 2005 pada tanggal 25 September 2005 di Gedung Word Trade Centre Mangga Dua Jakarta. Jasi figuran di beberapa sinetron produksi MD Entertainment, Sinemart, dan Frame Ritz selama bulan November 2005 sampai bulan Juli 2006. Peserta Kuliah Kerja Usaha ‘Kepenulisan Sastra’ yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) UMP. Peserta ‘The Beginning Of Writing School’ 2007 Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Purwokerto.


Yudhiono Aprianto, lahir di Purwokerto 15 April 1986. Kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID). Lulus SD Negeri 4 Ledug (1998), SLTP Muhammadiyah Purwokerto (2001), SMK Negeri 2 Purwokerto (2004). Yudhi bersastra dalam “Teater Perisai” UMP. Ia tinggal di Jl. Pahlawan 617 RT 007 RW 004 Desa Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Kode Pos 53143.

| More

2 Comments:

buletin Cangkir said...

ayo para penulis kirim karya Anda ke buletin Cangkir ya...biar bisa terdokumentasi dalam ingatan banyak orang. Sukses terus. Berkarya terus.

Salam,

Bagoes said...

Aja klalen mampir maring gubuku ning http://vikosha.multiply.com trus http://madruhi.multiply.com trus http://alamkoe08.multiply.com mbok ana sing disawang....

Follow by Email